Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Buku Siswa Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Evaluasi Tema 3 Halaman 191



Jawaban Buku Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Tema 3 Hal 191
A. Pilihan Ganda 
Bacalah wacana berikut dengan seksama. 
Semangat Sumpah Pemuda dan Indonesia Emas 2045 

Pada 2045 Indonesia diprediksi akan menjadi negara maju. Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dan menjadi negara berpendapatan tinggi dengan kekuatan ekonomi ke-5 terbesar di dunia. Dalam menunjang kesiapan tersebut, faktor yang paling menentukan adalah kontribusi dari para pemuda. 

Semangat seperti masa sumpah pemuda yang herois dan patriotis sangat diperlukan, di mana seluruh pemuda yang berasal dari berbagai daerah dapat bersatu untuk mencapai satu tujuan yang sama. Mereka bekerja sama tanpa memedulikan agama, suku, ras, daerah dan golongan, dengan semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi kepentingan bangsa. Rasa satu bangsa itulah yang akan menghasilkan hubungan harmonis. Indonesia nantinya akan lebih kokoh dengan rasa kesatuan dan persatuan tersebut. Hal itu menjadi percepatan untuk menjadikan Indonesia Emas 2045 bukan mimpi semata, melainkan cita-cita yang pasti tercapai. 

Semangat sumpah pemuda ini menjadi kunci. Pemuda dan masa depan bangsa menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan seperti dua sisi mata uang. Maka dari itu, semangat sumpah pemuda menjadi pendorong yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

1. Mengapa peran pemuda sangat penting untuk mencapai kemajuan Indonesia maju di tahun 2045?
a. Pemuda dapat menjadi satu-satunya penggerak perubahan
b. Pemuda adalah tenaga produktif yang potensial
c. Pemuda selalu memiliki ide yang cemerlang
d. Pemuda dan masa depan bangsa tidak bisa dipisahkan

2. Peran yang dapat dilakukan sebagai pemuda terhadap Pembangunan Indonesia sesuai dengan penjelasan dalam wacana tersebut adalah …
a. Mengambil alih tugas untuk membangun bangsa
b. Menjadi pengawal kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah
c. Melestarikan semangat persatuan untuk mencapai kemajuan
d. Mengelola program-program pembangunan negara

3. Perhatikan beberapa hal berikut:
1. Pantang menyerah
2. Rela Berkorban
3. Senang meraih keuntungan
4. Mendorong persatuan
Perwujudan semangat sumpah pemuda yang bisa menjadi kunci kesuksesan pembangunan ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 1

4. Perhatikan grafik berikut.
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ….
a. Tingkat harapan hidup di Indonesia mengalami pasang surut perkembangan
b. Pembangunan bidang kesehatan di Indonesia mengalami perkembangan dari tahun ke tahun
c. Tingkat harapan hidup saat lahir di Indonesia menembus angka 70% sejak tahun 2010
d. Umur harapan hidup bisa menjadi tolok ukur untuk melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia

5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk mendukung pembangunan di Indonesia?
a. Membayar dan mendistribusikan pajak secara rutin.
b. Membantu pekerjaan perangkat pemerintahan setempat.
c. Mencari solusi untuk permasalahan di lingkungan sekitar.
d. Membangun sarana infrastruktur di lingkungan masyarakat.

B. Esai
1. Berbagai upaya pembangunan infrastruktur gencar dilakukan di setiap periode pemerintahan di Indonesia. Harapannya pembangunan infrastruktur tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurutmu, mengapa pembangunan infrastruktur dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat? 

2. Bagaimana ciri-ciri dari proses pembangunan yang dilakukan di setiap masa pemerintahan di Indonesia?

Dari ketiga orde pemerintahan tersebut, menurutmu pembangunan di orde manakah yang paling membawa dampak signifikan bagi kemajuan Indonesia? Jelaskan alasannya.

3. Perhatikan gambar berikut.

Pertumbuhan ekonomi sering digunakan sebagai tolok ukur pembangunan, namun kenyatannya pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum menjamin pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Deskripsikan pendapatmu.

4. Karakteristik dari negara maju dapat dilihat dari berbagai hal, yakni: tingkat kesejahteraan, kualitas sumber daya manusia, perkembangan industri dan perdagangan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari keempat karakteristik tersebut, karakteristik kualitas sumber daya manusia adalah yang paling berkaitan dengan peran kita sebagai pelajar di Indonesia. 

Apa hal yang dapat kita lakukan sebagai pelajar untuk bisa mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia?

5. Proses pembangunan dalam berbagai bidang telah dilakukan oleh negara Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini. Menurutmu, apakah sejauh ini proses pembangunan yang sudah dilakukan tersebut dapat dikatakan berhasil? Jelaskan alasannya!

Jawaban Buku IPS Kurikulum Merdeka Kelas 9 Tema 3 Hal 191
A. Pilihan Ganda
1. B
2. C
3. D
4. B
5. C

B. Esai
1. Infrastruktur adalah segala fasilitas yang dibangun untuk membantu atau mempermudah aktivitas Masyarakat.

Dibangunnya infrastruktur seperti gedung kesehatan dan pendidikan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan pendidikan, sementara infrastruktur jalan akan membantu mempermudah transportasi sehingga aktivitas ekonomi penduduk bisa lebih lancer

2. Orde lama
- Menekankan pada pembangunan politik. 
- Pembangunan didasari oleh politik mercusuar. 
- Pembangunan tidak bisa berjalan efektif karena situasi negara belum stabil.
Orde Baru
- Menekankan pada pembangunan ekonomi. 
- Mencapai keberhasilan dalam menyediakan pangan (swasembada beras). 
- Fokus pada rencana pembangunan lima tahunan (Repelita).
Orde Reformasi
- Menekankan pada pembangunan infrastruktur. 
- Dibarengi dengan keterbukaan pada bidang politik (ada kebebasan pers). 
- Ditandai dengan berbagai kebijakan pembangunan dari setiap periode presiden.
Dampak
- Orde lama, karena telah meletakkan dasar pembangunan di Indonesia. 
- Orde baru, karena telah mencatat banyak prestasi keberhasilan pada industri pertanian dan pengembangan teknologi. 
- Orde reformasi, karena memiliki strategi pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

3. Pertumbuhan ekonomi hanya didasarkan pada jumlah nilai produksi barang dan jasa dalam aktivitas ekonomi di suatu negara.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi tidak menghitung tingkat pemerataan kekayaan penduduk.

4. - Bersekolah dengan rajin sehingga bisa menjadi ahli di suatu bidang tertentu.

- Di samping itu kita juga bisa membantu masyarakat lain dengan melakukan sosialisasi tentang arti penting menjaga sanitasi/bersekolah/menjadi pengusaha yang kreatif.

5. Jika dilihat dari tolok ukur keberhasilan pembangunan seperti pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia.

Maka pembangunan di Indonesia sudah berhasil dalam beberapa hal seperti tingkat pertumbuhan ekonomi, kualitas kesehatan, dan pendidikan. Sementara Indonesia masih belum berhasil dalam meningkatkan standar hidup/pendapatan rata-rata penduduknya.

Post a Comment for "Jawaban Buku Siswa Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Evaluasi Tema 3 Halaman 191 "