Tabel distribusi frekuensi di samping ini merangkum waktu tempuh dari rumah ke sekolah siswa-siswa kelas VII dari Sekolah A dan Sekolah B. Frekuensi relatif untuk setiap interval kelas dari Sekolah A disajikan dengan diagram garis pada gambar di bawah. Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Tentukan frekuensi relatif untuk setiap kelas di Sekolah B dan gambarlah grafik garis di samping kanan ini.
2. Apa perbedaan antara dua kumpulan data? Berikan paling sedikit dua perbedaan.
Jawaban
(1) Jika dihitung frekuensi relatif tiap kelas B
SMP, diurutkan dari atas
0,050, 0,225, 0,200, 0,150,
0,125, 0,100, 0,100, 0,050

(2) (Contoh)
– Di sekolah menengah pertama A,
puncak (modus) lebih dekat ke kanan.
– Distribusi sekolah menengah pertama
B tersebar di jangkauan yang lebih
luas.
– Ada lebih banyak siswa di SMP B yang
menghabiskan lebih banyak waktu
untuk pergi ke sekolah.

